#4Cara Sukses Hadapi Akreditasi Sekolah | Rpp dan Silabus | DATA RPP GURU REVISI

#4Cara Sukses Hadapi Akreditasi Sekolah | Rpp dan Silabus | DATA RPP GURU REVISI - Hallo sahabat DATA RPP GURU REVISI, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul #4Cara Sukses Hadapi Akreditasi Sekolah | Rpp dan Silabus | DATA RPP GURU REVISI, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan ma, pns, ra, rpp, SD, silabus, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Selamat datang di DATA RPP GURU REVISI Assalamulaikum https://ift.tt/2CwXGgE - Web Untuk membantu para guru di seluruh indonesia yang bersumber dari guru id


15

Silabus setiap mapel (sekolah harus punya)

16

BA rapat dewan guru yang membahas KKM dilampiri daftar haidr, dan risalah rapat.

17

1.Dokumen proses penentuan KKM (risalah rapat) harus memuat unsur:

2.Karakteristik siswa, karakteristik mapel, kondisi satuan pendidikan

18

1.Kalender kademik sekolah, minimal ada 4 kegiatan:

a.Awal tahun

b.Minggu efektif

c.Waktu pembelajaran efektif

d.Hari libur

2.Idealnya rinci semua kegiatan yang dilakukan sekolah/madrasah

II.STANDAR PROSES

19

RPP setiap maple

10 A, 7-9 B, 4-6 C

20

RPP penyusunannya memperhatikan 6 prinsip

76% lebih A, 51-75 B, 26-50 C, 1-25 D

21

Observasi pembelajaran, harus memenuhi 4 syarat: 1) jumlah PD/kelas 28, 2) beban mengajar guru minimal 24 jam tatap muka dalam satu minggu, 3) buku teks pemilihannya lewat rapat guru dengan pertimbangan komite (lampiran BA, rapat pemilihan buku) yang diketahui komite, rasio ini didampingi oleh buku pengayaan (LKS), referensi sumber lainnya dan, 4) pengelolaan kelas mengikuti kaidah: a-k

22

Hasil supervisi kepala sekolah

(instrumen yang telah terisi hasil supervisi)

Persentase = no 20

23

Buku II (RPP), dilihat apakah kelas I-III menggunakan pendekatan tematik

3 kelas tematik A

24

Buku II (RPP), dilihat apakah kelas IV-VI menggunakan pendekatan maple

3 kelas mapel A

25

1.Program pengawasan kepala sekolah

2.Buku tamu kelas

3.Hasil pemantauan/monitoring PBM oleh sekolah yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, penilaian hasil belajar

26

Laporan pelaksanaan supervisi pembelajaran yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dengan 4 cara: pemberian contoh, diskusi, pelatihan, konsultasi.

27

Dokumen hasil evaluasi proses pembelajaran oleh kepala sekolah

28

Laporan pengawasan proses pembelajaran kepada pemangku kepentingan

29

Dokumen tindak lanjut (memberikan reword, panishment, pemberian kesempatan para guru mengikuti pelatihan/penataran

Persentase = no 20

III.STANDAR KELULUSAN

30

Buku I KTSP (lihat KKM kelompok mapel (IPTEK))

KKM 75/lebih A,

70-74,99 B,

65-69,99 C.

60-64,99 D

31

Dokumen pemanfaatan bahan ajar, buku teks, perpustakaan, laboratorium, internet

32

RPP IPA dan RPPS IPS

33

Dokumen mengunjungi perpustakaan, mengakses internet, ke museum, cagar budaya, dan lain-lain

Misalnya beupa surat permohonan ke pengelola museum, cagar budaya, dan lain-lain

34

RPP semua mapel (membaca dan menulis)

Persentase = no 20

35

RPP semua mapel (menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan sosial dan fisik)

36

Dokumen kegiatan seni dan budaya (foto)

Pentas seni, pameran lukisan, latihan tari, latihan musik, keterampilan membuat karya seni

4 jenis kegiatan A

37

Tata tertib sekolah

Dokumen sosialisasi tata tertib sekolah

Catatan pelanggaran tata tertib sekolah

Tidak ada PD yang melanggar A

38

Dokumen kegiatan satu tahun tentang:

Peringatan hari besar nasional

Peringatan hari besar agama

Pentas seni budaya berbagai negara

Peringatan bulan bahasa nasional & internasional

4 jenis kegiatan A

3 jenis kegiatan B

2 jenis kegiatan C

1 jenis kegiatan D

39

Dokumen pelaksanaan kegiatan kebersihan yang dilaksanakan setiap minggu sekali. Misal Jum’at bersih.

Program sekolah tentang 5K

Tempat cuci tangan setiap kelas/ruang

Program dan tempat menggosok gigi PD

Tempat sampah di setiap ruang

40

Dokumen kegiatan menjalankan ajaran agama:

Pembiasaan memberi salam

Pembiasaan membaca doa

Pembiasaan beribadah

Sholat dhuhur berjamaah

Infaq Jum’at

Kegiatan lain bernuansa keagamaan

Setiap minggu

4 jenis kegiatan A

3 jenis kegiatan B

2 jenis kegiatan C

1 jenis kegiatan D

41

Dokumen kegiatan satu tahun tentang:

Peringatan hari besar nasional

Peringatan hari besar agama

Pentas seni budaya berbagai negara

Peringatan bulan bahasa nasional & internasional

4 jenis kegiatan A

3 jenis kegiatan B

2 jenis kegiatan C

1 jenis kegiatan D

42

RPP semua mapel (memuat metode cooperatif, learning)

Persentase = no 20

43

RPP semua mapel (memuat metode problem solving)

Persentase = no 20

44

Karya tulis PD, misalnya portofolio PD, karya PD di Mading, laporan hasil wisata PD, buletin inretnal PD, dokumen presentasi dan lain-lain

45

Dokumen hasil karya PD yang memperoleh penghargaan, seperti keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis, berhitung

46

Dokumentasi UASBN (amati rata-ratanya)

Lebih dari 8,00 A.

7,01-8,00 B

6,01-7,00 C

5,01-6,00 D

Di bawah 5,01 E

IV.STANDAR PENDIDIKAN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

47

Foto copy ijazah yang dimiliki pendidik

48

Foto copy ijazah yang dimiliki seua pendidik sesuai dengan mata pelajaran yang dijarkan atau tidak

49

RPP disesuaikan dengan prinsip-prinsip pembelajar

Dokumen penilaian kompetensi pedagogik guru oleh kepala sekolah

50

Dokumen pengaduan dari masyarakat

DP3 guru

Dokumen penilaian kompetensi, kepribadian guru oleh kepala sekolah

51

BA rapat dewan guru yang dilampiri undangan, daftar hadir, risalah rapat

52

Daftar hadir gur dan karyawan

53

Sertifikat pendidik, SK kepala sekolah, dan jadwal mengajar

54

Foto copy Ijazah Kepala Sekolah dan PT terakareditasi

55

Suratketerangan pengalaman mengajar

56

Dokumen penilaian kompetensi, kepribadian dari atasan langsung

57

Data lulusan yang diterima di SMP/MTs

58

Buku keuangan koperasi sekolah, kantin sekolah, dokumen penggalangan dana dan DUDI (kemampuan dalam membiayai kegiatan esktra)

59

Suratperjanjian kerjasama dengan pihak lain

60

Jadwal supervisi dan hasil pelaksanaan supervisi Buku supervisi guru kelas/guru mapel

61

Foto copy ijazah tenaga administrasi dan pendidikan menengah

62

Kesesuaian ijazah dengan bidang tugas

63

Foto copy Ijazah tenaga perpustakaan dan pendidikan menengah

64

Suratpenugasan sebagai pustakawan

65

SK Kepala Sekolah:

Penjaga sekolah

Tukang kebun

Tenaga kebersihan

Pengemudi

Pesuruh

V.STANDAR SARANA DAN PRASARANA

66

Inventaris lahan/tanah

67

Sarana kesehatan, keselamatan, kemudahan akses penyelamatan dalam keadaan darurat

68

Lokasi sekolah (terhindar dari gangguan pencemaran air, udara, tanah dan kebisingan)

69

Suratkepemilikan tanah/surat kewenangan penggunaan tanah, IMB

70

Luas lantai dengan jumlah PD 3,8m2/PD

Luas bangunan 6 ruang kelas min 400 m2

71

Bangunan sekolah yang kokoh dilengkapi pencegah kebakaran dan petir

72

Sanitasi yang meliputi:

Kebutuhan air bersih

Saluran limbah

Tempat sampah, saluran air hujan

73

Ventilasi ruangan cukup terang

74

Instalasi listrik 900 watt

75

IMB dan ijin penggunaan bangunan

76

Dokumen alokasi biaya pemeliharaan sekolah 5 tahun terakhir

77

Memiliki ruang kelas, pepustakaan, lab IPA, ruang pimpinan, ruang guru, tempat ibadah, ruang UKS, jamban, gudang, ruang sirkulasi, tempat bermain/ olahraga

78

Ruang kelas yang sesuai ketentuan

79

Ruang perpustakaan

80

BSE buku cetak lainnya perbandingannya dengan PD 1 : 1

81

Buku yang digunakan guru dan PD sama dengan yang ditetapkan Permendiknas

Kondisi bukunya

82

Keadaan laboratorium IPA

83

Keadaan ruang pimpinan

84

Keadaan ruang guru

85

Keadaan tempat ibadah

86

Keadaan ruang UKS

87

Keadaan jamban

88

Keadaan gudang

89

Keadaan ruang sirkulasi

90

Keadaan tempat bermain/berolahraga

VI.STANDAR PENGELOLAAN

91

Visi sekolah

Terpampang dengan jelas dan mudah dibaca

Dokumen sosialisasi cisi misi sekolah

92

Misi sekolah

Terpampang dengan jelas dan mudah dibaca

Dokumen sosialisasi cisi misi sekolah

93

Tujuan lembaga sekolah

Terpampang dengan jelas dan mudah dibaca

Dokumen sosialisasi cisi misi sekolah

94

RKS/M4 tahunan dan RKTtahunan

95

Pedoman yang mengatur pengelolaan secara tertulis tentang: KTSP, Kaldik, Struktur Organisasi Sekolah, pendayagunaan pendidik/tenaga kependidikan, peraturan akademik, tatib sekolah, kode etik sekolah, BOS.

96

Bagian struktur organisasi sekolah dan uraian tugasnya

97

Laporan pelaksanaan kegiatan

RKTtahunan

98

Dokumen pelaksanaan kegiatan kesiswaan:

Layanan konseling

Ekstrakurikuler

Pembinaan prestasi unggulan

Daftar alumni

99

Dokumen pelaksanaan pemgebangan kurikulum dan pembelajaran yang meliputi:

KTSP, Kaldik, program pembelajaran, peraturan akademik

100

Jadwal pelajaran, piagam, sistem penghargaan, promosi, dan penempatan, mutasi

101

Program pengelolaan sarpras yang minimal memuat:

Perencanaan

Pemenuhan sarpras

Pendayagunaan sarpras

Evaluasi dan pemeliharaan sarpras

102

Program pengelolaan pembiayaan pendiikan minimal memuat:

Sumber pemasukan

Sumber pengeluaran

Jumlah danah yang dikelola

103

Dokumen kegiatan sekolah yang menciptakan suasana, iklim, dan lingkungan yang kondusif. Misalnya:

Kegiatan upacara bendera

Budaya jabat tangan antara siswa dan guru

Menutup pintu gerbang sekolah setelah pukul 7.00

Melaksanakan baris di depan kelas sebelum masuk

104

BA rapat penyusunan RKS/Mdilampiri dengan:

Undangan kepada tokoh masyarakat

Undangan kepada lembaga lain

Pelaksanaan program kegiatan sekolah

Dokumen bantuan dan masyarakat (tenaga, material)

MoU dengan lembaga lain

105

Program kepengawasan:

BA sosialisasi program kepengawasan dilampiri:

Daftar hadir dan risalah sosialisasi

106

Dokumen laporan evaluasi diri per semester

107

Dokumen laporan kinerja pendidik dan tendik

108

Buku I, II, III,dan IVperangkat akreditas

Tim persiapan akreditasi

Bukti fisik dokumen

Sarpras yang dibutuhkan akreditasi

109

Buku agenda kasek tentang pelaksanaan tupoksi kepala sekolah

110

Sistem informasi manajemen sekolah

Misalnya:

Papan informasi kegiatan sekolah, BOS, pelaksanaan pembelajaran dan lain-lain

VII.STANDARPEMBIAYAAN

111

Catatan tahunan tentang inventaris sarpras

112

SPJ Pembiayaan

113

Buku kas dan RKAS/M

114

Daftar penerimaan gaji pendidik

Daftar penerimaan honor pendidik

Daftar penerimaan insentif pendidik

115

Daftar penerimaan tenaga kependidikan

Daftar penerimaan honor tenaga kependidikan

Daftar penerimaan insentif tendik

116

Dokumen pembelajaran dari alokasi pembelajaran (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M)

117

Dokumen pmbelajaran dari alokasi kegiatan kesiswaan (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M)

118

Dokumen pembelajaran dari alokasi pengadaan alat tulis untuk pembelajaran (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M)

119

Dokumen pembelajaran dari alokasi pengadaan bahan habis pakai untuk pembelajaran (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M)

120

Dokumen pembelajaran dari alokasi pengadaanAlathabis pakai untuk pembelajaran (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M)

121

Dokumen pembelajaran dari alokasi pengadaan rapat (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M)

122

Dokumen pembelajaran dari alokasi pengadaan transport dan perjalanan dinas (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M)

123

Dokumen pembelajaran dari alokasi penggandaan soal-soal ulangan/ujian (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M)

124

Dokumen pembelajaran dari alokasi pengadaan daya dan jasa (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M)

125

Dokumen pembelajaran dari alokasi anggaran kegiatan operasi tidak langsung misal: uang lembur, konsumsi, asuransi dan lain-lain (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M)

126

Dokumen pembelajaran dari alokasi biaya operasi sekolah yang meliputi

Kesra warga sekolah

Pengembangan pendidik dan tendik

Sarpras

Pengembagnan kurikulum dalam PBM

Kegiatan ke-TU-an (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M)

127

SK Kepala Sekolah tentang ada/tidaknya iuran

128

Suratedaran/pengumuman tentang tidak adanya biaya pendaftaran ulang

129

Daftar PD penerima bantuan/pembebasan biaya sekolah

130

Daftar iuran, jika PD bebas dari semua biaya

131

BA rapat pengambilan keputusan, daftar hadir rapat

132

RKAS/M, papan informasi, dana sekolah

133

Buku pedoman pengelolaan keuangan

134

RKAS/M

135

SPJ keuangan sekolah

VIII.STANDAR PENILAIAN

136

Rancangan kriteria penilaian dan silabus

BA sosialisasi kriteria penilaian pada PD

137

Silabus setiap mapel memuat teknik:

Penilaian yang sesuai, KD dan indikator teknik penilaiannya sesuai/tidak

138

Perangkat tes buatan guru

139

Arsip tes, nilai tes, nilai pengamatan, nilai tugas, terstuktur maupun mandiri

140

Buku analisis hasil belajar PD

141

Buku penghubung guru dan orang tua, hasil kerja siswa yang telah ditandatangani OT

142

Program remidi dan pengayaan

Revisi perangkat pembelajaran

143

Buku rapor

144

Nilai akhlak (buku rapot)

145

Nilai kepribadian

146

BA rapat koordinasi tentang hasil UTS, US, UKK

Dilampiri undangan, risalah

147

BA rapat penentuan kriteria kenaikan kelas

Dilampiri undangan, risalah

148

BA rapat penentuan nilai akhir untuk kelompok mapel estetika, penjasorkes

Dilampiri undangan, risalah

149

BA rapat penentuan nilai akhir untuk kelompok mapel agama, PKn

Dilampiri undangan, risalah

150

Buku rapor

151

Dokumen daya serap dan pencapaian target

Setiap akhir semester dilaporkan ke Dinas Pendidikan Kabupaten

152

BA rapat penentuan kelulusan bersama-sama dengan guru kelas, guru mapel dan kasek

Dilampiri undangan, risalah

153

BA rapat penentuan rata-rata sebagai kriteria kelulusan US/UN. Dilampiri undangan, risalah

154

BA rapat penentuan nilai minimal mapel sebagai kriteria kelulusan UASBN

Dilampiri undangan, risalah

155

Bukti penerimaan SKHUASBN

156

Bukti penyerahan Ijazah kepada PD yang lulus

157

BA rapat penentuan PPDB

Dilampiri undangan, risalah

Subscribe to receive free email updates: